09 June 2007

VIRUS EXPLOIT

Jika Anda tiba-tiba menemui ekstensi pada file-file Anda berubah, waspadalah. Misalnya file .doc Anda tiba-tiba berubah menjadi .exe. Sehingga saat dieksekusi dengan mengklik ganda, bukannya membuka dokumen beserta aplikasi pengolahnya, tapi malah membuka DOS Prompt atau bisa jadi malah tidak terjadi efek apapun. Penyebab hal ini biasanya adalah serangan virus.
Mungkin Anda pernah membuka sebuah file attachment dari e-mail yang berisi AnnaKournikova.jpg. Alihalih menemui foto tubuh seksi pemain tenis Anna Kournikova, Anda justru mengeksekusi dan menjalankan virus yang cukup berbahaya. Hal ini terjadi karena sebenarnya file tersebut adalah AnnaKournikova.jpg.exe. Sebuah program, bukan file image.
Hal ini terjadi karena file AnnaKornikova tersebut sebenarnya memiliki nama panjang AnnaKornikova.jpg.exe. Namun yang tampak hanya “ekstensi” .jpg saja. Sedangkan 3 karakter ekstensi .exe yang merupakan ekstensi sebenarnya file tersebut, disembunyikan oleh Windows. Modus operasi ini banyak dilakukan virus klasik, sedangkan virus baru dan mutakhir lebih rumit lagi.
Cara menanggulanginya, tidak bisa bisa tidak, selalu update antivirus yang Anda miliki. Sedangkan pencegahannya juga menggunakan cara yang sama, yakni menggunakan antivirus yang selalu aktif saat Windows dijalankan.
Kurangi juga frekuensi transfer data dari tempat-tempat yang tidak bisa dijamin kebersihannya dari virus. Misalnya komputer publik, download file attachment sebuah e-mail dari pengirim yang tidak Anda kenali, atau bahkan membuka situs-situs yang memunculkan pop up untuk meminta Anda men-download terlebih dahulu sebuah program yang tidak Anda kenali nama dan fungsinya.
Waspadai file attachment berupa .exe, .scr atau ekstensi file lain yang tidak umum. Usahakan bertukar file dokumen dalam format .pdf. Selain lebih kecil ukurannya, keamanan juga lebih terjaga.
Jadi sekali lagi, waspadalah, waspadalah dan waspadalah melihat ekstensi file Anda berubah! Sebab, virus menyerang bukan saja karena niat virus tersebut untuk merusak. Namun juga karena adanya peluang.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “VIRUS EXPLOIT”

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .